Posted by : aa-irwan Sabtu, 28 Juli 2012






MARKETING ONLINE — Jumlah pengguna internet di Indonesia dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan, data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),pengguna Internet di Indonesia mencapai 45 juta pada tahun 2010. Jumlah ini diprediksi semakin meningkat dengan penetrasi Internet yang semakin luas. Hal ini didukung pula dengan pertumbuhan perangkat smartphone yang memudahkan akses Internet. Dari pengguna Internet yang sebagian besar anak muda, maka sgmen anak muda pengguna internet merupakan lahan subur meningkatnya tren marketing secara online.

Selain pertumbuhan pengguna Internet yang semakin besar,tren marketing online akan semakin meningkat secara drastis karena adanya krisis global. Krisis Global akan mendorong orang-orang akan bertindak lebih efisien, media online adalah media yang paling murah sehingga banyak dipilih.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 diprediksi mencapai 6.3%. Beberapa produk-produk yang diprediksikan akan banyak diminati adalah busana muslim, makanan dan minuman halal, dan Kredit material (bersifat dicetak, seperti foto, baligo, dll).Ini yang harus dicermati wirausaha baru atau pelaku-pelaku usaha yang sudah lama untuk meningkatkan pendapatan. Demikian diungkapkan Vice President Indonesia Marketing Asociation (IMA) Jabar Popy Rufaidah.

Namun penting untuk diperhatikan, marketing  dan berbelanja lewat online memiliki kelebihan dan kekurangannya. Menurut Popy ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan media online. Untuk pelaku usaha, trust (kepercayaan) menjadi modal yang sangat penting, ini dapat dilakukan dengan memberikan informasi alamat yang jelas, persyaratan ketentuan pembayaran, dan secure transaction (cara pembayaran yang aman).
Untuk konsumen, dalam berbelanja online harus berhati-hati membandingkan website-website yang menawarkan produknya, harus dicek dengan seksama, website harus akurat. Karena sudah banyak pelaku penipuan yang memanfaatkan media online.

Strategi pengembangan bisnis melalui media online ternyata dirasakan oleh banyak orang, contohnya saja Nisa Pratiwi membuat yang membuat desain-desain hijab yang variatif. Didukung keahlian yang didapat dari sekolah desain, kemudian hasil kreasinya ditawarkan secara online. Hasil kreasinya yang dijual melalui media online mendapat sambutan yang baik,di pasar lokal bahkan sudah merambah ke pasar luar negeri, yaitu Malaysia dan Singapura. Saat ini HijabChic sudah membuka gerainya sendiri di Jalan Banda 20.

Lain lagi cerita sukses bisnis melalui media online, JD Kids yang menjual produk sepatu untuk anak. Menurut Galing Ingsun, marketing JD Kids, bisnis melalui media online memang masih baru namun ternyata cukup kewalahan dengan pasar online yang begitu cepat. Awalnya strategi pemasaran sepatu ini dimulai dari mulut ke mulut, kemudian dititipkan di sejumlah distribution store yang berada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Dan juga bisnis pemasaran online produk herbal pun mulai bertumbuh pesat saat ini seperti yg saya alami sebagai marketing online pada awal saya bergabung sebagai staf online. Cukup memasarkan produk herbal yg akan dijual dan dengan tujuan menaikan visitir website yg kita kelola serta menempatkan posisi website kita pertama di google dengan optimalisasi SEO.

Sumber : http://galeriukm.com

{ 15 komentar... read them below or Comment }

  1. Info yang bermanfaat.
    nitip link www.obatsupersehat.blogspot.com dan www.obatsupersehat.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. tks sdh komen. ok silahkn nitip link baiknya agan k meu tukar link saja biar ada backlink. klo d komen nanti bs di anggap spam oleh google

      Hapus
  2. iya saya juga merasakn itu a irwan , tapi sekarang persaingan tambah ketat .
    belum lagi update google yg bikin puyeng tujuh keliling :)

    BalasHapus
  3. Semoga saja ya kang Irwan kita semua sukses baik dalam usaha maupun dalam rumah tangga..amien.

    BalasHapus
  4. iya memang, internet menjadi media pilihan para marketing online yang memasarkan produknya. Tapi, untuk saat ini saja persaingan sangatlah ketat, apalagi untuk menjadi nomor wahid di google...

    BalasHapus
  5. hmmmmm
    ternyata bukan hanya saya yang ikut merasakan itu semua
    pokoknya selagi kita tidak merugikan satu sama lain tetap maju ters
    makasih gan infonya

    BalasHapus
  6. wah keren gan, maka dari itu sayapun ikut meramaikan marketing online dengan cara memasarkan ramuan alami sebagai obat herbal...

    BalasHapus
  7. makasih gan infonya

    BalasHapus
  8. Benar sekali marketing online memang sedang memiliki angin surga karena pertumbuhan internet di indonesia sedang berkembang pesat, sehingga orang pun kini sudah memahami tentang bisnis online yang menjual barang secara online.

    BalasHapus
  9. Di dalam teknik marketing, orang bisa memanfaatkan bidang atau jenis apapun media usahanya termasuk marketing online yang di optimalisasikan dengan pembuatan toko online, dengan toko online bisa memasarkan produk dengan lebih luas seindonesia

    BalasHapus
  10. mantab om, artikelnya mantab, backlink jg, nitip ya, biar bs terbang,

    BalasHapus
  11. Awesome collection of very informative articles all organized in one place. I have bookmarked this page for future reference. And you have shared these are tips for online business are very nice and helpful..

    Thank you
    Baju Bola Jaket Murah Baju Berkualitas Baju Bola Baju Fashion Kediri Prediksi Bola Kaos Bola Kediri Oleh Oleh Kediri Batik Tenun Ikat Kuliner

    BalasHapus
  12. Awesome collection of very informative articles all organized in one place. I have bookmarked this page for future reference. And you have shared these are tips for online business are very nice and helpful..

    Thank you
    Baju Bola Jaket Murah Baju Berkualitas Baju Bola Baju Fashion Kediri Prediksi Bola Kaos Bola Kediri Oleh Oleh Kediri Batik Tenun Ikat Kuliner

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih

Jadwal Shalat

jadwal-sholat

Pengunjung

Artikel Populer

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Sponsor

slimming capsule

- Copyright © Blog aa-irwan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -