Posted by : aa-irwan Sabtu, 20 Oktober 2012



Pemerintah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1433 H bertepatan Rabu 17 Oktober 2012 M, sedangkanHari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H jatuh pada Jumat 26 Oktober 2012 M

Keputusan dan penetapan ini setelah pemerintah melakukan Sidang Itsbat yang dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar di Auditorium KH M Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jalan Thamrin, Jakarta, Senin (15/10/12) malam. "Dengan mengucapkan Bismillah hirohman nirohim, kami memutuskan dan menetapkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1433 H adalah bertepatan dengan Hari Rabu 17 Oktober 2012 M dan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H bertepatan dengan Hari Jumat 26 Oktober 2012 M," kata Nazaruddin. 

Dengan penetapan ini, maka Hari Arafah (9 Dzulhijjah 1433 H) jatuh pada Kamis 25 Oktober 2012. Nazaruddin menjelaskan bahwa Sidang Itsbat penetapan Awal Dzulhijjah 1433 H dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum. 

Sebagaimana proses penentuan awal Dzulhijjah 1433 H yang lalu, maka menjelang awal Dzulhijjah ini, Kementerian Agama memerintahkan semua Kantor Wilayah dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota seluruh Indonesia untuk melakukan Rukyat. 

Dalam melaksanakan rukyat, Kementerian Agama di daerah berkoordinasi dengan Peradilan Agama. Pengadilan Agama, Mahkamah Syariah, instansi terkait, ormas-ormas Islam dan tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk melakukan pengamatan hilal di tempat-tempat yang strategis di berbagai daerah di seluruh Indonesia. 

Hilal masih di bawah ufuk dan dilaporkan bahwa hilal tidak bisa dilihat oleh karena itu, 1 Dzulhijjah 1433 H adalah bertepatan dengan Hari Rabu tanggal 17 Oktober 2012 M, sehingga Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H bertepatan dengan Jumat 26 Oktober 2012 M. Nazaruddin menanyakan apakah hal ini bisa kita sepakati? Semua yang hadir menyatakan sepakat. “Alhamdulillah,” timpal Nazaruddin. 

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Muhtar Ali menyatakan bahwa pada hari Senin tanggal 15 Oktober 2012 bertepatan dengan tanggal 29 Dzulqa’dah 1433 H sekitar pukul 19:02 WIB di seluruh Indonesia posisi hilal di bawah ufuk antara minus 4,1 derajat hingga minus 2,4 derajat, sehingga hilal tidak terlihat. 

Selamat idul adha 1433H untuk yang merayakannya semoga rezeki yang kita sisihkan/kurbankan menjadi barokah. amin

Sumber : google dan sahabat blogger

{ 12 komentar... read them below or Comment }

  1. Subhannna Allah, Idul Adha d hari besar, sebuah keistimewaan buat jemaah haji, bagi yang menjalankan dan walau hanya punya keinginan

    BalasHapus
  2. semoga Hari Raya Idul Adha bisa kita jadikan sebagai moment untuk memperbaiki diri dan mencoba untuk lebih baik dengan berbagi (Qurban)kepada sesama

    BalasHapus
  3. Selamat Hari Raya idul Adha.. maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  4. SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA .AYOOOOOOO QURBANNN

    BalasHapus
  5. saudara-saudara ku SELAMAT IDUL ADHA..semoga semangat berkurban selalu ada dalam jiwa kita.

    BalasHapus
  6. ngga kerasa sudah datang lagi hari raya idul adha.

    BalasHapus
  7. akhir nya di tetapkan juga hari raya idul adha...
    semoga bisa berjumpa lagi di tahun depan.

    BalasHapus
  8. selamat hari raya idul adha juga gan...

    BalasHapus
  9. semoga tahun depan saya bisa ber qurban...
    selamat hari raya idul adha mas.

    BalasHapus
  10. selamat hari raya idul adha juga sob,

    BalasHapus
  11. selamat hari raya idul adha n selamat berkurban

    BalasHapus
  12. slamat hari raya idul adha

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih

Jadwal Shalat

jadwal-sholat

Pengunjung

Artikel Populer

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Sponsor

slimming capsule

- Copyright © Blog aa-irwan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -