Posted by : aa-irwan Selasa, 06 Agustus 2013

rasa minder

aa-irwan - Kali ini saya mau berbagi tips "Cara mudah mengatasi rasa minder" yang efektif dan banyak yang berhasil memperbaiki dirinya agar tidak mudah minder yang berlebihan.
Beberapa sahabat aa-irwan menanyakan bagaimana sih cara mengatasi minder? Apa sih minder itu? Minder atau rendah diri adalah perasaan diri tidak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari dirinya. Orang yang merasa minder cenderung bersikap egosentris, memposisikan diri sebagai korban, merasa tidak puas terhadap dirinya, mengasihani diri sendiri dan mudah menyerah. Orang yang mempunyai rasa minder akan merasa lemah, kekurangan, rasa bersalah yang berlebihan, takut pada orang lain, menarik diri dari lingkungan/pergaulan, cemas menghadapi sesuatu yang baru, tidak berani menghadapi kenyataan,sukar mengambil keputusan,takut akan kegagalan.Sering kali kita lebih menghargai orang lain daripada diri sendiri. Sikap ini membuat kita menjadi "minder" dan bahkan mungkin enggan berinteraksi dengan orang lain.Tentu saja sikap "minder" akan merugikan diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Sebab kita tidak bisa membuat diri kita berharga bagi orang lain dan mendedikasikan talenta ataupun keterampilan kita bagi orang-orang di sekitar kita. Untuk mengatasi sikap minder tersebut ada satu syarat, yakni menghargai diri sendiri.
Minder adalah tipikal orang yang bermental lemah. Mental yang lemah akan merasa selalu tidak aman. Selalu gelisah dan kuatir. Karena kerja otak sudah dipenuhi dengan rasa kuatir, takut dan gelisah tanpa sebab atau disebabkan oleh hal-hal kecil, maka kerja otakpun menjadi lemah dan tidak dapat berfungsi untuk memikirkan hal-hal besar yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.

cara mengatasi rasa minder


Ciri-ciri orang yang merasa minder ialah :

  1. Suka menyendiri.
  2. Terlalu berhati-hati ketika berhadapan dengan orang lain sehinggakan pergerakannya kelihatan kaku.
  3. Pergerakannya agak terbatas, seolah-olah sedar yang dirinya memang mempunyai banyak kekurangan.
  4. Berasa curiga terhadap orang lain
  5. Tidak percaya bahwa dirinya memiliki kelebihan
  6. Sering menolak apabila diajak ke tempat-tempat yang ramai orang.
  7. Beranggapan bahwa orang lainlah yang harus berubah,
  8. Menolak tanggung jawab hidup untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, minder harus sebisa mungkin dihindari dan dicari jalan keluarnya dalam rangka mengubah pribadi kita menuju kepribadian yang self-esteem (baca: self estiim). Suatu tipe kepribadian yang dimiliki orang yang bisa menggapai mimpi atau suksesnya.

Penyebab perasaan minder adalah :

  • Saat lahir - setiap orang lahir dengan perasaan rendah diri karena pada waktu itu ia tergantung pada orang lain yang berada di sekitarnya.
  • Sikap orangtua - memberikan pendapat dan evaluasi negatif terhadap perilaku dan kelemahan anak di bawah enam tahun akan menentukan sikap anak tersebut.
  • Kekurangan fisik - seperti kepincangan, bagian wajah yang tidak proporsional, ketidakmampuan dalam bicara atau penglihatan mengakibatkan reaksi emosional dan berhubungan dengan pengalaman tidak menyenangkan sebelumnya.
  • Keterbatasan mental - membawa rasa rendah diri saat dilakukan perbandingan dengan prestasi tinggi dari orang lain, dan saat diharapkannya penampilan yang sempurna padahal aturannya pun tidak dipahami.
  • Kekurangan secara sosial - keluarga, ras, jenis kelamin, atau status sosial.
Minder, semua orang tahu maknanya, adalah sikap yg manusiawi. Semua orang memiliki sikap dan perasaan ini dengan level yang berbeda. Minder adalah manusiawi, akan tetapi menjadi tidak manusiawi lagi ketika kita tidak berusaha untuk menghilangkan sikap dan perasaan minder untuk mengatasi rasa mindar dapat dlakukan hal-hal sebagai berikut :

Tips Mengatasi Minder/Rendah Diri

1. Hadapi rasa takut
Jangan dihindari, toh ia tidak akan berakibat seburuk yang anda kira. Melawan rasa takut akan menambah percaya diri anda.

2. Hargai diri sendiri sebagai Ciptaan Tuhan
Bila anda telah berhasil dalam berbuat sesuatu. Bila tidak mengapa orang lain mesti menghargai anda? Bukankah akan lebih mudah apabila anda membantu dan menghargai diri sendiri?
Menghargai diri sebagai ciptaan Tuhan membuat kita tetap rendah hati walaupun telah diberi kesempatan menikmati banyak kesuksesan. Menghargai diri sebagai ciptaan Tuhan juga dapat membuat kita lebih tegar dalam menyikapi kelemahan kita. Semua ciptaan Tuhan adalah sempurna menurut fungsi dan tanggung jawab yang kita emban dalam hidup ini.
Kita tidak perlu meratapi diri dalam menghadapi kelemahan yang tidak bisa diperbaiki. Kelemahan ini membuat kita mendapat kesempatan melihat hal-hal lain yang bisa kita lakukan bukan terpaku pada hal-hal yang tidak bisa kita lakukan lagi. sejak awal kita telah menjadi pemenang. Bayangkan anda dan saya adalah pemenang! Ketika ribuan bahkan jutaan sperma yang berebutan dapat masuk membuahi telur pada rahim ibu,maka hanya satu yang menang menebus semuanya dan mengalahkan yang lain, yaitu kita. Kita sudah menang mengalahkan sperma yang hanya bisa bertahan hidup di tengah jalan.

3. Kenali Diri
Mengenali diri merupakan bagian tersulit dalam proses menghargai diri. Mengenali diri merupakan sebuah proses yang menuntut kejujuran kita dalam melihat dan mengevaluasi diri. Hanya dengan kejujuran inilah kita bisa mengidentifikasi keunggulan kita dan hal-hal dalam diri kita yang masih perlu kita perbaiki ataupun kembangkan lebih lanjut.
Dengan mengenal diri kita dengan baik, kita bisa memilih strategi terbaik untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Jika kita telah mengenal diri dengan baik, kita bisa memahami kekuatan kita yang bisa kita "bagikan" kepada orang lain. Kita juga bisa memahami apa yang bisa kita pelajari dari orang lain.

4. Atasi Kelemahan Anda
Hal yang satu ini sering kali sulit kita lakukan. Kita seringkali tidak mau mengakui kelemahan kita. Kita sering kali mengandalkan penilaian orang lain semata terhadap kelemahan kita. Padahal sebenarnya jika kita jujur, kitalah orang yang seharusnya lebih tahu kelemahan kita sendiri.
Jika kita jujur, kita mungkin mendapatkan bahwa kelemahan kita mungkin saja bukan kelemahan, tetapi kesalahan yang kita lakukan: kebiasaan buruk (misalnya: kebiasaan menunda pekerjaan, kebiasaan melakukan terlalu banyak pekerjaan dalam kurun waktu tertentu; sikap negatif (misalnya: lupa berterima kasih pada orang-orang yang telah banyak membantu, lebih suka melakukan segala sesuatu sendiri tanpa melibatkan orang lain); atau cara pandang yang salah terhadap kesuksesan dan strategi untuk meraih sukses.

5. Lupakan kegagalan masa lalu
Biasanya kegagalan juga dapat membuat kita merasa minder/rendah diri, tapi yang kita harus lakakan dari kegagalan belajarlah dari kesalahan itu tetapi janganlah mengira sesuatu itu salah sebelum ia akan terjadi lagi. Hindari membuat kesalahan yang sama tetapi jangan membatasi diri anda dengan mengira bahwa anda gagal sebelumnya sehingga tidak akan bisa berhasil kali ini. Coba lagi, maka anda akan menjadi lebih bijak dan lebih kuat. Jangan terperangkap pada masa lalu.
Setelah anda bisa membunuh rasa minder silakan anda nikmati rasa percaya diri yang kelak akan mengantarkan anda menjadi manusia yang punya arti di hadapan Tuhan maupun manusia lainnya. Dan dengan mengatasi rasa minder adalah sebuah langkah awal kita untuk menggapai semua keinginan kita, ubah perasaan rendah diri kepada perasaan yang membina keyakinan diri.
Kita berhak sukses seperti orang lain. Jangan biarkan perasaan rendah diri menguasai dalam bersaing mencapai keinginan dalam hidup. Pupuklah semangat untuk dapat bersaing itu adalah baik untuk masa depan.Semoga sahabat semua dapat mengatasi rasa minder untuk dapat terus menggapai mimpi.
(Dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Rahmat ALLOH lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan (QS Az zukhruf: 32 ) )

Semoga artikel "Cara mudah mengatasi rasa minder" kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat blogger semua yang pernah mengalami dan sedang mengalaminya. Saya pun pernah mengalaminya memang manusiawi tapi bila berlebihan atau dibiarkan akan fatal akibatnya bila kita jauh dari agama. So sobat tetap percaya pada diri sendiri bahawa setiap manusia memiliki kemampuan/kelebihan berbeda-beda yang patut dihargai oleh kita sendiri agar kita bersyukur kepada tuhan sang maha pencipta Allah SWT.

{ 16 komentar... read them below or Comment }

  1. kenapa harus minder???kita semua memiliki kemampuan yang fantastis, tetap percaya diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap gan komennya. saya setuju pendapat agan. tapi mental setiap orang berbeda-beda. semoga kita dihindarkan dari sifat minder itu. tks sudah komen.

      Hapus
  2. Orang minder berarti orang yang gak pede, semoga kita tidak termsuk orang yang minder. Artikel menarik terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya semoga kita dijauhkan dari sifat tersebut dan harus percaya diri apapun keadaan kita karena semua orang adalah ciptaan tuhan.

      Hapus
  3. minder yang berlebihna itu sangat tidak bagus buat perkembanagn mental

    BalasHapus
  4. makasih infonya gan. tks

    BalasHapus
  5. y kenapa a harus minder. yang penting sesuatu

    BalasHapus
  6. Allah telah menciptakan kita dengan kekurangan dan kelebihan masing2, ngga ada yang harus disesali bahkan kita tidak perlu minder. Karena kita telah dianugerahi sesuatu yang belum tentu dimiliki oleh ornag lain.

    BalasHapus
  7. saya juga salah satu yang punya rasa minder berlebih,,kalau diajak ke tempat ramai bawaannya gak mau..:)
    trims buat infornya a..

    BalasHapus
  8. Menurut aq lbih baik minder sehh.....soalnya kbnykan dr qta sring maksa untuk mnyembnyikan kekurangan qta.....pdhl qta sndri tau klo kkurngan qt tuh g bkal bsa qta rubah...dampaknya qta bkalan mnyombngkan dri agr kkurngn qt tuh gak trliht.....

    BalasHapus
  9. saya juga sering banget minder,apalagi kalau di acara reunian yang ngga ada best friends nya,,,wah akan merasa terasing..:(

    BalasHapus
  10. informasi yang bagus sob,

    BalasHapus
  11. hilangkan semua rasa minder kamu dan saya mau berbagi di www.womenmagnet.com / www.youtube.com/user/womenmagnetdotcom

    BalasHapus
  12. tidak ada lagi minder dalam kamus. Saya share juga infonya di www.womenmagnet.com / www.youtube.com/user/womenmagnetdotcom

    BalasHapus
  13. Gan/sist minta sarannya.. Saya masih single, saya sekarang bkrja di salahsatu perusahaan.. Kata rekan2 saya orangnya periang, ramah, dan gampang bergaul apalagi pintar bernegosiasi dgn atasan saya.. Saya sangat senang sekali punya banyak rekan & atasan saya yg bgtu baik dan peduli.. Tapi disisi lain aku punya kekurangan, yaitu saat aku ke rumah orangtua saya.. (ibu saya sudah meninggal, bapak saya menikah lagi) saya kalau dirumah tidak seperti kata rekan2 kerja saya.. Saya jadi pendiam, minder, lebih suka menyendiri, gelisah kalau pulang ke rumah.. Saya udah nyoba biar aku gak minder dgn orangtua saya, tp saya ttep gak bisa hampir setiap k rumah saya suka nangis di kamar sendirian.. Apa karna trauma? Mohon sarannya..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih

Jadwal Shalat

jadwal-sholat

Pengunjung

Artikel Populer

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Sponsor

slimming capsule

- Copyright © Blog aa-irwan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -