Posted by : aa-irwan Sabtu, 17 Agustus 2013

google 17 agustus 2013
aa-irwan - Alhamdulillah akhirnya aa bisa update lagi postingan baru setelah beberapa minggu ini disibukkan dengan pekerjaan lainnya. Kali ini aa mau berbagi informasi mengenai "Hari Kemerdekaan Indonesia 17 agustus 2013" yang jatuh bertepatan hari ini saya bikin postingan karena kebetulan saya juga buka google dan lihat logo google yang berubah menjadi lambang garuda seperti diatas. Semoga sobat blogger mendapatkan manfaat dari postingan yang saya buat.

Makna Kemerdekaan Indonesia
68 tahun sudah Indonesia merdeka. Sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah ruah. Meski begitu, kekayaan alam tersebut haruslah dijaga dan dirawat agar Indonesia tidak menjadi negara yang mengalami kebangkrutan seperti kota-kota di Amerika Serikat, salah satunya Detroit.

Di awal abad ke-21 ini, banyak negara mengalami masalah perekonomian yang bersumber dari kegagalan masyarakatnya dalam kehidupan bernegara. Krisis Eropa memberikan pelajaran berharga bagi kita semua. Seperti Yunani yang mengalami kebangkrutan karena rendahnya penghimpunan pajak dan korupsi yang merajalela.

Bagi negara-negara yang tidak memiliki sumber daya alam melimpah, pajak menjadi satu-satunya sumber pembiayaan negara. Pemanfaatan uang pajak yang telah dihimpun, menjadi hal yang krusial terutama dalam distribusi dan pengawasannya. Tidak optimalnya pemungutan pajak akan berujung pada bertambahnya utang luar negeri sebagai sumber pembiayaan negara. Selain itu, struktur anggaran yang tidak efisien dan korup juga berimbas pada tingginya kebutuhan pembiayaan yang berujung pada utang luar negeri.

Dalam batas tertentu, utang luar negeri cukup aman dimanfaatkan jika memang dibutuhkan sebagai investasi, dengan catatan struktur anggaran sangat efisien tanpa adanya praktik mark-up biaya maupun program yang tidak efektif. Namun jika utang luar negeri sudah sedemikian besar, negara manapun akan kesulitan dalam menghadapinya.
dirgahayu indonesia

Saat ini, rakyat Indonesia dihadapkan pada kenyataan bahwa suatu saat kekayaan alam berlimpah yang dimilikinya akan habis. Cadangan minyak bumi diperkirakan hanya tersisa untuk 12 tahun lagi. Demikian pula dengan cadangan gas bumi yang diperkirakan hanya mencukupi hingga 50 tahun ke depan. Banyak hutan Indonesia yang telah dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit guna memperbanyak lapangan kerja. Dan meski tidak diketahui dengan pasti, cadangan mineral berharga seperti emas, dipastikan akan habis dalam beberapa dekade mendatang.

Dengan kondisi tersebut, rakyat Indonesia harus merenungkan kembali bahwa kehidupan bernegara di masa mendatang akan sangat ditopang oleh pengumpulan pajak. Harus disadari bahwa Indonesia telah lama meninggalkan status negara pengekspor minyak, dan sudah beralih sebagai pengimpor minyak. Betapa dominannya pembiayaan negara dari pajak juga sudah terlihat dalam satu dekade terakhir, dimana pajak mendominasi hingga 70% dari pendapatan negara.

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan ini dengan meriah. Mulai dari lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, sampai upacara militer di Istana Merdeka, seluruh bagian dari masyarakat ikut berpartisipasi dengan cara masing-masing.

Lomba-lomba tradisional
Perlombaan yang seringkali menghiasi dan meramaikan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI diadakan di kampung-kampung/ pedesaan diikuti oleh warga setempat dan dikoordinir oleh pengurus kampung/ pemuda desa.
lomba pukul guling diatas air
lomba pukul guling diatas air

lomba bakiak
lomba bakiak

lomba balap karung
lomba balap karung

lomba panjat pinang
lomba panjat pinang

lomba makan kerupuk
lomba makan kerupuk

Diantaranya :
  1. Panjat pinang
  2. Balap bakiak
  3. Tarik tambang
  4. Sepeda lambat
  5. Makan kerupuk
  6. Balap karung
  7. Perang bantal
  8. Pemecahan balon
  9. Pengambilan koin dalam terigu
  10. Lari Kelereng

Peringatan Detik-detik Proklamasi
Peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka dipimpin oleh Presiden RI selaku Inspektur Upacara. Peringatan ini biasanya disiarkan secara langsung oleh seluruh stasiun televisi. Acara-acara pada pagi hari termasuk: penembakan meriam dan sirene, pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih (Bendera Pusaka), pembacaan naskah Proklamasi, dll. Pada sore hari terdapat acara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih.
upacara bendera peringatan hut ri
upacara bendera peringatan Hut RI

Semoga artikel "Hari Kemerdekaan Indonesia 17 agustus 2013" ini bisa memberi manfaat dan semangat bagi generasi muda untuk tetap menjaga kedaulatan indonesia dan agar indonesia menjadi lebih baik dan menjadi negara yang maju dan disegani di seluruh dunia. amin. Merdeka................

{ 16 komentar... read them below or Comment }

  1. Anonim17/8/13

    pertamax.
    makasih gan sudah bikin postingan ini. merdeka. indonesia terus jaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. premium gan coz pertamax mahal. merdeka indonesiaku

      Hapus
  2. dirgahayu indonesia.......
    di darah saya dlu masih ada perlombaan seperti balap karung,,tapi sekarang udah ngga ada..:'(

    BalasHapus
  3. gogle aja memperingati,,,masa kita sebagai bangsanya tidak berbangga,,,:)
    dirgahayu indonesia..:)

    BalasHapus
  4. harus berbangga dengan negara tercinta ini..:)

    BalasHapus
  5. ijin menyimak salm kenal kita harus bangga sebagai warga negara indonesia apalagi d hari jadiny bansa indonesia tercinta sejahtera selalu bangsa indonesia amien

    BalasHapus
  6. merdeka indonesiaku tercinta :)

    BalasHapus
  7. makasih infonya bagus banget,,,, sukses selalu,,,, :D

    BalasHapus
  8. Permisi, isi kemerdekaan ini. Kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Anonim22/9/13

    hormat ... http://watchintvonline.blogspot.com/2013/04/trans7.html

    BalasHapus
  10. merdeka...semangat kemerdekaan.

    BalasHapus
  11. infonya bagus gan, memberi pengetahuan..

    BalasHapus
  12. thanks for sharing, drink milk for better life!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih

Jadwal Shalat

jadwal-sholat

Pengunjung

Artikel Populer

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Sponsor

slimming capsule

- Copyright © Blog aa-irwan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -