Posted by : aa-irwan Selasa, 23 Juni 2015




aa-irwan - Bismillah. Kali ini aa mau berbagi informasi dan pengetahuan tentang "Manfaat Puasa untuk Kesehatan". Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi sobat semua.

Manfaat Puasa Ramadhan untuk KesehatanManfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan begitu luar biasa. Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa yang hanya datang setahun sekali yaitu di bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Selain menjadi moment yang ditunggu-tunggu, puasa pada bulan Ramadhan juga mendatangkan banyak hikmah dan bermanfaat untuk kesehatan.
manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan
Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Islam. Puasa juga sering dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat sisa/racun dari dalam tubuh. Apalagi jika dilakukan selama satu bulan penuh, tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh kita?


Manfaat puasa Ramadhan diantaranya :

1. Meningkatkan fungsi otak
Ketika berpuasa, neurotropik yang diturunkan dari otak akan mengalami peningkatan. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya sehingga kinerja otak juga akan semakin meningkat. Orang yang berpuasa juga mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, hal ini akan menurunkan tingkat stres yang dialami.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Berdasarkan penelitian, orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol, maka dapat mengurangi risiko akan penyakit jantung maupun stroke. Terlebih bagi mereka yang menjalani program diet sehat, dengan berpuasa akan mudah menurunkan tingkat kolesterol.

3. Menetralkan racun
Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan juga berperan untuk menetralkan racun dalam tubuh. Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari sistem pencernaan. Saat tubuh menggunakan cadangan lemak untuk membentuk energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

4. Meningkatkan sistem kekebalanmanfaat puasa meningkatkan kekebalan tubuh   
Berpuasa juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan kebal terhadap penyakit. Saat berpuasa, mengalami peningkatan limfosit, bahkan hingga 10 kali lipat. Hal ini tentu akan sangat baik bagi tubuh sehingga tubuh kebal dari serangan virus. Berpuasa akan menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Terhindar dari kebiasaan buruk
Puasa merupakan ibadah yang mulia, sebab dengan berpuasa kita juga akan menghindarkan kebiasaan buruk yang kerap dilakukan. Kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan di antaranya adalah merokok atau mengonsumsi cemilan yang tak sehat. Selama menjalani puasa, kita akan terhindar dari kebiasaan buruk tersebut dan menjalani pola hidup yang lebih teratur.

6. Mengontrol berat badan
Puasa juga memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan. Sebab, ketika menjalani puasa sebulan penuh pola makan akan lebih teratur dan terjaga. Tak perlu menjalani diet yang berlebihan, cukup makan dan minum seadanya ketika sahur dan berbuka Anda yang memiliki berat badan berlebih juga akan mengalami penurunan.

7. Menjadikan ginjal lebih sehat
Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan tubuh juga bisa menyehatkan ginjal. Ginjal berperan sebagai penyaring zat berbahaya yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan lebih maksimal jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Pada saat berpuasa, kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga fungsi ginjal akan lebih maksimal dan sehat.

8. Cegah diabetes
Puasa juga bisa mencegah penyakit diabetes yang merupakan penyakit berbahaya. Diabetes disebabkan akibat kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Saat berpuasa, maka kita bisa mengontrol asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh.


Manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan begitu banyak. Agar selama berpuasa sebulan penuh tubuh tetap sehat, silakan baca Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan. Selamat berpuasa, dan jangan lupa niati dengan ikhlas.




Semoga artikel tentang "Manfaat Puasa untuk Kesehatan" bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan sobat blogger sekalian. amin. Ditunggu saran dan kritiknya.

{ 9 komentar... read them below or Comment }

  1. banyak manfaat sekali dari berpuasa makasih infonya

    BalasHapus
  2. Maaf mengganggu numpang promo, hapus aja kalo spam - Cara Cepat dan Ampuh Menghilangkan Kista Ukuran 2 Cm dengan Obat Tradisional Penyembuh Kista Tanpa Operasi Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  3. banyak sekali manfaat puasa yang bisa kita manfaatkan makasih infonya

    BalasHapus
  4. menarik dan sungguh bermnfaat infonya makasih

    BalasHapus
  5. Anonim21/7/16

    wah, ternyata banyak juga manfaat puasa..klik.. http://bit.ly/29XNrSh

    BalasHapus
  6. tidak terasa bulan ramadhan tahun ini tinggal beberapa bulan lagi, semoga artikel ini bermanfaat dan dijadikan referensi untuk menyemangati diri dalam melaksanakan ibadah puasa.

    BalasHapus
  7. masyaallah, ternyata selain merupakan kewajiban bagi setiap muslim, puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan. terima kasih artikelnya aa

    BalasHapus
  8. artikelnya menarik dan bermanfaat, terlebih jika kita mengerjakannya.

    semoga kita semua dipertemukan lagi bersama bulan ramadhan

    BalasHapus
  9. artikelnya sangat menarik dan bermanfaat sebagai wawasan bagi kita.

    semoga dengan artikel ini semangat kita dalam menjalankan ibadah puasa wajib maupun sunnah bertambah lagi

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih

Jadwal Shalat

jadwal-sholat

Pengunjung

Artikel Populer

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Sponsor

slimming capsule

- Copyright © Blog aa-irwan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -