Posted by : aa-irwan Senin, 22 Oktober 2012

Terungkap Rahasia Dibalik Pusat Data GooglePusat data atau data center Google merupakan jantung kehidupan bagi mesin pencarian nomor satu dunia. Tak hanya melayani Google Search, pusat data ini juga melayani situs video yang pasti sudah anda kenal yaitu Youtube. Mungkin untuk sebagian orang, Google sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas yang dilakukan setiap hari. Namun pernahkan anda bertanya-tanya, seperti apa mesin pencarian raksasa ini kalau dilihat dari dalam ? Untuk pertama kalinya baru-baru ini Google telah mempublikasikan foto yang memperlihatkan seperti apa gambaran pusat data yang mereka miliki. Dari foto-foto ini memperlihatkan betapa Google sangat memperhatikan setiap detil ruangan, pemanfaatan space yang maksimal serta pengorganisasian ruang yang nyaris tanpa cela. Tak heran kalau akhirnya Google mampu mencapai keberhasilan yang luar biasa. Dan yang membuat unik, pusat data ini juga dihiasi warna-warni dominan khas Google yaitu merah, kuning, biru dan hijau. Berikut foto-foto yang mengungkapkan rahasia dibalik pusat data Google.   
google-data-centers-1
"Ini adalah pipa warna-warni yang bertanggung jawab untuk membawa air masuk dan keluar dari pusat data kami di Oregon. Pipa biru pasokan air dingin dan pipa merah mengembalikan air hangat kembali untuk didinginkan. "

google-data-centers-2
"Melayang di atas lantai di Council Bluffs, Iowa, skala pusat data kami mulai terbentuk. Balok baja besar yang kokoh mendukung struktur dan membantu mendistribusikan kekuasaan. "

google-data-centers-3
"LED biru pada baris server memberitahu kami bahwa semuanya berjalan lancar. Kami menggunakan LED karena mereka hemat energi, tahan lama dan terang. "

google-data-centers-4
"Sebuah tampilan yang langka di lorong belakang server. Di sini ratusan kipas menyalurkan udara panas dari rak server ke sebuah unit pendingin untuk disirkulasikan. Lampu hijau adalah LED status server mencerminkan server depan kami. "

google-data-centers-5
"Ribuan meter dari pipa dibagian dalam pusat data kami. Kami cat pipa-pipa itu dengan warna-warna cerah bukan hanya karena itu menyenangkan, tetapi juga untuk menunjuk mana yang mana. Pipa pink cerah dalam foto ini misalnya, bertugas mentransfer air dari deretan chiller (unit hijau di sebelah kiri) ke menara pendingin luar. "

google-data-centers-6
"Lantai server seperti ini membutuhkan ruang besar dan daya yang efisien untuk menjalankan seluruh keluarga produk Google di seluruh dunia. Di sini, di Hamina, Finlandia, kami memilih untuk merenovasi sebuah pabrik kertas tua untuk mengambil keuntungan dari infrastruktur bangunan serta kedekatannya dengan perairan Teluk Finlandia untuk kebutuhan air pendinginan. "

google-data-centers-7
"Sebuah pandangan overhead dari salah satu pabrik pendingin kami, di mana air laut dari Teluk Finlandia seluruhnya mendinginkan pusat data yang ada."

google-data-centers-8
"Ini adalah pandangan lebih dekat dari backup tape rekaman di perpustakaan kami. Rekaman Masing-masing memiliki barcode yang unik sehingga sistem robot kami dapat menemukan yang tepat. "

google-data-centers-9
"Kami selalu memastikan pipa air bertekanan sangat tinggi ini selalu siap dalam kasus kebakaran. Air ini, khususnya, dibersihkan dan disaring sehingga jika kami menggunakannya tidak mengotori fasilitas. "

google-data-centers-10
"Pusat data Council Bluffs menyediakan lebih dari 115.000 kaki persegi ruangan. Kami membuat yang terbaik dari setiap incinya, sehingga Anda dapat menggunakan layanan kami seperti Google Search dan YouTube dalam cara yang paling efisien. "
Itulah rangkaian foto-foto yang Mengungkap Rahasia Dibalik Pusat Data Google. Semoga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini berkutat di benak anda mengenai seperti apa tampilan pusat data center mesin pencarian Google Search Engine.
 

{ 30 komentar... read them below or Comment }

  1. luar biasa banget, secanggih itu kah.? info yang menarik terima kasih.!

    BalasHapus
  2. waw,,dari melihat fotonya saja sudah bisa membayangkan betapa canggihnya semua itu. Jadi pengen berkunjung langsung ke sana..

    BalasHapus
  3. ini baru saya bilang WOW sambil guling….guling… hehehe
    gak bisa bayangin kalau data center google seperti itu, saya saja melihat data senter sekolah saya yang hanya satu server bilang hebat apalagi ini

    BalasHapus
  4. wah canggih juga yea, boleh berkunjung kesanan gak, thanks atas infonya.......!

    BalasHapus
  5. Saya berharap semoga kedatangan kami sbagai spammer setiap harinya ke blog anda tidak menjadikan anda patah semangat untuk terus eksis di dunia bogger..
    selamat hari raya idul adha bagi seluruh umat muslim di indonesia..

    BalasHapus
  6. sungguh luar biasa yah ,, sangat spekta banget google :)

    BalasHapus
  7. di ilustrasikan pada foto, dan dijelaskan pada tulisan yang mengadopsi bak sirkuit pada chiler dan saluran pipa air. inilah mungkin jaringan server google.

    BalasHapus
  8. Terima kasih ya telah menginjinkan kami untuk mencari backling pada blog ini walaupun pada kenyataanya kami hanya merepeotkan anda sbagai pemilik blog..
    :D
    bila memang apa yang telah kami lakukan salah semata mata kami hanya sekedar mencari nafkah..mohon untuk di maafkan..

    BalasHapus
  9. buseeet ane baru tahu tuh,...?? canggih banget. artikel menarik dan menjadi pengetahuan tambahan saya.

    BalasHapus
  10. sekali-kali saya mau berkunjung ke sana deh,,,pengen lihat keadaan yang sebenarnya kaya gimana...

    BalasHapus
  11. wah ternyata seperti itu ya, saya baru tau thanks atas infonya........!

    BalasHapus
  12. wah baru tau nich gede juga ya, bukan hanya gede mesin si mbah google ini ternyata sangat memperhatikan tiap tiap komponen, thanks atas infonya.........!

    BalasHapus
  13. wah ternyata sangat memperhatikan sampai hal hal terkecil juga yah thanks atas infonya.......!

    BalasHapus
  14. ternyata canggih sekali ya, keren ddeh ngeliatnya juga :)

    BalasHapus
  15. Lebar dan besar juga kalau dilihat database untuk servernya.

    BalasHapus
  16. wah , begitu hebat yah ... google aja gini , belum yahoo, bing dan lainya . kaya deh yge mpunya

    BalasHapus
  17. ruangannya hebat-hebat.. pantas google punya hasil yang maksimal.. heheh

    BalasHapus
  18. wah,takjub saya lihatnya bang,,udah kaya di film2,,tapi ini kenyataan,,,

    BalasHapus
  19. dengan design warna-warna yang cerah ciri khas google, di foto yang pertama keliatannya kaya tempat bermain anak TK ya?

    BalasHapus
  20. wadaw gede pisan euy hehehehehe,,,,

    BalasHapus
  21. luas dan besar pusat data si OM ini

    BalasHapus
  22. wihh..
    luar biasa keren..

    BalasHapus
  23. Baru tau klo server google rupa nya sangat canggih.....

    BalasHapus

Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini.
Terima kasih

Jadwal Shalat

jadwal-sholat

Pengunjung

Artikel Populer

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Sponsor

slimming capsule

- Copyright © Blog aa-irwan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -