
Ada kejadian menarik yang dapat kita jadikan pelajaran berharga. Seorang pengemudi tak bisa mengeluarkan mobil yang tengah ia parkir di sebuah pusat perbelanjaan. Pasalnya, mobilnya "terhimpit" di antara mobil yang sama-sama sedang parkir paralel. Mobil yang menghimpit sama sekali tidak bisa digeser karena pemiliknya mengaktifkan handbrake. Terpaksa harus menunggu sampai pemiliknya datang.
Di setiap lahan parkir yang sempit, pola parkir yang diterapkan biasanya memang parkir paralel. Dengan pola ini, bagian depan mobil bertemu bagian belakang. Untuk memudahkan mobil keluar masuk, saat parkir mestinya tidak menggunakan handbrake supaya dapat digeser-geser. Petugas parkir biasanya berusaha mengingatkan, tetapi ada saja satu atau dua pengendara yang lupa.
Pada mobil bertransmisi matik, kemungkinan roda-roda mobil terkunci saat parkir akan lebih besar lagi dibanding yang bertransmisi manual. Bukan saja karena pengendaranya mengaktifkan handbrake, tetapi karena ada kemungkinan mereka belum tahu fungsi tombol SHIFT LOCK. Terutama, pada mobil bertransmisi matik yang sudah dilengkapi tombol SHIFT LOCK.

Di semua transmisi matik memang ada posisi "P", yang berarti "parkir". Ketika tuas berada di posisi ini, otomatis roda-roda terkunci. Pada mobil matik keluaran baru ada tambahan tombol SHIFT LOCK. Jika tidak tahu fungsi tombol ini, kemungkinan besar pengendara akan bingung memarkir mobil tanpa membuat roda-rodanya terkunci. Berbeda dengan transmisi manual atau matik yang belum dilengkapi SHIFT LOCK, jika tuas transmisi ditempatkan ke posisi N (netral), pasti kunci kontaknya tidak bisa dicabut. Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK ini. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral. Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas sehingga bisa digeser dan tidak merepotkan pengendara lainnya.
Bagaimana cara menggunakannya ? Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Geser transmisi ke posisi "P",
2. Matikan mesin.
3. Cabut kunci kontak.
4. Tekan dan tahan tombol SHIFT LOCK yang ada dekat tuas transmisi, sambil memindahkan tuas ke posisi NETRAL. Setelah di posisi netral, baru lepas tombolnya.
5. Dan jangan lupa, handbrake tidak perlu ditarik.
Sekian Tips dan trik otomotif yang bisa saya bagikan kepada sahabat blogger dan pembaca lainnya. Semoga membawa manfaat dan saya tunggu nih komennya. Terima kasih
Sumber : www.google.com
35 komentar:
oh gitu ya gan?? saya baru tahu nih gan???
wah sayangnya saya belum punya mobilllllllll nih,, hahahha
Mobil matik mudah untuk dioperasikan... tetapi tidak se kern mobil transmisi manual :)
makasih aa,,karena saya belum punya mobil jadi belum bisa mempraktekannya,,hehehe
Bisa saya terapkan ilmunya, kalo udah punya mobilnya tapi... aaamiiinn
jd begitu ya caranya ,,,
tp kbetulan saya gak punya mobilnya .. hehehe
Safety is everything. Great and useful post
Transmisi otomatis membuat pengguna semakin mudah dalam hal keamanan dan kenyamanan. Salah satu bentuk teknologi yang didasarkan pada kepuasan pelanggan.
kunjungan siang gan
tks infonya
hehe,,iya aa terima kaish atas informasinya yang poenting ini,,memang sering di spelekan,,
makasih gan
kalo parkir di tempat yang agak menanjak, apakah kita perlu menarik Handbreak atau hanya di posisi P aja sudah cukup ?
Wah kalo sy mah tidak bisa mengendarai mobil. Tapi thanks infonya, bisa sy beritahu ke suami sy :)
nice infonya semoga bermanfaat
Sangat membantu infonya, terima kasih bnyak
ok sip gan
y mudah2xan nanti kalo punya mobil gan
y ada kelebihan dan kekurangan
y bisa gan pakai mobil tetangga
ok silahkan gan
ok sip gan
tks for your comment
ok sip
ok gan
sam-sama
ok sama-sama kang
ok sip gan
bagusnya di posisi netral dan tetap pakai handbreak agar mudah nanti mengoper giginya k d/l
sama-sama
ok sip
he he juga
Untuk mobil fortuner , shift lock apa akan terbuka atau terkunci ketuka tuas berada di D4 ?
jual obat aborsi hub:085251718654 - 2ac4edf5 https://www.youtube.com/watch?v=pPT86NLF8ns
jual obat aborsi hub:0852517186554 - 2AC4EDF5 https://www.youtube.com/watch?v=pPT86NLF8ns
Posting Komentar